Senin, 24 Juni 2013

Fotosintesis


FOTOSINTESIS
A.   Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses penyusunan zat organik (glukosa) dan zat anorganik (karbon dioksida dan air) yang dilakukan oleh klorofil dengan bantuan energi cahaya.
B. Proses Fotosintesis
Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dan gangang disebut juga proses fotosintesis.Proses ini terjadi pada tumbuhan berhijau daun karena pada daun tumbuhan tersebut terdapat zat hijau daun (klorofil). Disamping air (H2O) dan karbon dioksida (CO2), fotosintesis juga membutuhkan cahaya, terutama cahaya matahari. Hasil fotosintesis berupa glukosa dan oksigen
C. Tempat Fotosintesis pada Daun
http://3.bp.blogspot.com/-RkqCDng273Q/TixMF37LLJI/AAAAAAAAAe0/d2MxL20KZh4/s320/anatomi-daun.png
Penampang Daun
Fotosintesis berlangsung pada jaringan palisade dan jaringan spon karena dibagian ini mengandung klorofil. Gas CO2 masuk kedalam daun melalui mulut daun atau stomata, sedangkan air diangkut dari dalam tanah melalui akar, di dalam akar terdapat jaringan xilem (pembuluh kayu) yang berfungsi mengangkut air dari akar sampai kedaun. Hasil fotosintesis disebarkan keseluruh tubuh tumbuhan melalui Floem (pembuluh tapis).

Proses Fotosintesis Tumbuhan Hijau

http://1.bp.blogspot.com/-87bsPeXowlA/TixEP7Rt04I/AAAAAAAAAes/lZxxkV1hmQA/s320/Fotosintesis+pada+Tumbuhan+Hijau.jpg


Klorofil berfungsi untuk Fotosintesis

Pada proses fotosintesis, energi dihasilkan dari cahaya matahari yang diserap oleh klorofil. Energi tersebut digunakan untuk memecah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen.

D. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis



http://3.bp.blogspot.com/-pwaOe3UkeqM/TixEg4BXkUI/AAAAAAAAAew/IgsgfSBZTVg/s320/Reaksi+Kimia+Fotosintesis.gif











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar